-->

Jangan Tertipu! Kenali Ponsel dari IMEI-nya

Azon Profit Master
Download free software, software free, Segala macam tips n trik, dan beraneka ragam trik komputer, ada juga trik hp yang jarang jarang di tulis oleh para blogger, anda juga bisa belajar servise komputer dan servise hp dengan membaca artikel-artikel yang ada di blog ini. Artikel tentang SEO di blog pribadi ini hanya sebagai opini saya selaku pemilik, semoga artikel yang anda baca bisa membantu, Sofware gratis dan juga segala macam Tips N Triks, Link url Jangan Tertipu! Kenali Ponsel dari IMEI-nya, Pesan Deniacil: jangan lupa untuk like FB di bawah lho...come on Like..like dibawah yiaa div id='fb-root'/>


Deniacil - Kenali Ponsel dari IMEI-nya - Coba buka bagian belakang ponsel Anda. Lepaskan baterainya. Cermatilah, Anda akan menemukan label berisi sederet nomor dan barcode. Nomor apakah itu?

Sebelum membahas lebih jauh, label yang terdapat di bagian belakang ponsel tersebut populer disebut Equipment Identity Register (disingkat EIR). EIR memuat beragam nomor identifikasi dan barcode. Salah satunya adalah nomor IMEI.

Label EIR yang beredar di dunia dibuat dalam 3 warna:
- Putih yang berarti Valid GSM Mobile Stations
- Abu-abu, berarti GSM Mobile Stations yang sedang ditrack
- Hitam, berarti Barred Mobile Stations


Apakah IMEI itu?
IMEI singkatan dari International Mobile Equipment Identity. Terdiri dari 15 kode digit. IMEI digunakan sebagai nomor identifikasi ponsel Anda. Di dalamnya terdapat informasi mengenai kode negara, kode assembling, kode manufaktur, dan serial number.

Selain dapat diidentifikasi di bagian belakang ponsel, nomor EMEI bisa diketahui dengan memencet kode *#06#. Jika nomor IMEI yang yang didapat berbeda dengan yang terdapat di EIR, bisa dipastikan ponsel Anda ‘asli tapi palsu’ atau telah mengaalami modifikasi IMEI. Hal ini termasuk illegal dan dapat dikenai tindak pidana.

IMEI juga dapat menjadi panduan Anda, terutama jika membeli ponsel bekas pakai. Dengan IMEI, Anda bisa mengetahui ‘status’ ponsel Anda, dimana dibuat, serta tahun produksinya.

Format IMEI
Format IMEI yang baku adalah 15 digit nomor yang diterjemahkan dalam format huruf AA BBBB CC DDDDDD E dimana:

AA             Kode Negara
BBBB          Kode Final Assembly
CC              Kode Manufaktur
DDDDDD     Nomor Serial
E                kode tambahan

Gabungan AA dan BBB sering disebut sebagai Type Approval Code (TAC)    

Kode manufaktur menunjukkan identitas perusahaan pembuat ponsel.Tiap vendor memiliki kode yang spesifik seperti tertera pada table berikut:

Kode Manufaktur     Manufaktur
01,02    AEG
07 , 40    Motorola
10, 20    Nokia
30    Ericsson
40, 41, 44    Siemens
47    Option International
50    Bosch
51    Sony
51    Siemens
51    Ericsson
60    Alcatel
70    Sagem
75    Dancall
80    Philips
85    Panasonic

Bagaimana cara mengidentifikasi kode-kode lainnya seperti kode Negara dan final assembly? Panduan untuk kode-kode tersebut jarang kita temui, akan tetapi ada satu sebuah situs yang mungkin dapat membantu Anda memecahkan arti kode tersebut. Salah satunya adalah INP.


Artikel Terkait :



Anda sedang membaca artikel tentang Jangan Tertipu! Kenali Ponsel dari IMEI-nya dan anda bisa menemukan artikel Jangan Tertipu! Kenali Ponsel dari IMEI-nya ini dengan url http://deniacil.blogspot.com/2011/08/jangan-tertipu-kenali-ponsel-dari-imei.html, anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Jangan Tertipu! Kenali Ponsel dari IMEI-nya ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link Jangan Tertipu! Kenali Ponsel dari IMEI-nya sumbernya.
lintasberita
Category Article , ,

Give Your Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...