-->

Tidak Semua Setan Cuti

Azon Profit Master
Download free software, software free, Segala macam tips n trik, dan beraneka ragam trik komputer, ada juga trik hp yang jarang jarang di tulis oleh para blogger, anda juga bisa belajar servise komputer dan servise hp dengan membaca artikel-artikel yang ada di blog ini. Artikel tentang SEO di blog pribadi ini hanya sebagai opini saya selaku pemilik, semoga artikel yang anda baca bisa membantu, Sofware gratis dan juga segala macam Tips N Triks, Link url Tidak Semua Setan Cuti, Pesan Deniacil: jangan lupa untuk like FB di bawah lho...come on Like..like dibawah yiaa div id='fb-root'/>

Enter your email address:


Delivered by FeedBurner
setan/iblis 
Deniacil - Tidak Semua Setan Cuti - Pertanyaan di atas kembali terlintas di pikiran saya. Apakah iya setan ‘cuti’ dari tugasnya di bulan penuh berkah ini? Mendengar berita baru-baru ini tentang maraknya perampokan yang bukan hanya melenyapkan harta, melainkan juga nyawa manusia, membuat saya berpikir lagi apakah benar setan tidak ada di bulan Ramadhan? Lantas siapa yang menggerakkan pelaku kriminal itu sehingga nekad melancarkan aksi mereka di bulan suci ini?

Bukankah Rasul shallallahu’alaihi wasallam bersabda, “Apabila datang Ramadhan, dibukalah pintu-pintu surga dan ditutuplah pintu-pintu neraka serta dibelenggulah para setan. “(HR.Bukhari dan Muslim) ?

Apakah setan yang mendorong mereka untuk melakukan itu atau justru mereka sendiri telah berubah menjadi setan? Mungkin ada baiknya kita meruqyah mereka. Yang jelas, pertanyaan di atas mungkin banyak berputar di kepala kita.

Berkata Al-Hafizh Ibnu Hajar, “Imam Al-Qurthubi berkata, ‘Jika ada yang berkata, bagaimana, kok kami melihat kejahatan dan kemaksiatan banyak terjadi di bulan Ramadhan, bukankah kalau setan dibelenggu tak akan terjadi seperti itu? Maka jawabannya adalah:

-Sesungguhnya kemaksiatan dan kejahatan sedikit terjadi pada orang berpuasa yang menjaga syarat-syarat puasa dan memperhatikan adab-adabnya.


-Atau maksudnya yang dibelenggu di sini adalah sebagian setan dan mereka adalah almaradah (para setan yang sangat jahat dan membangkang), bukan seluruhnya. Sebagaimana telah berlalu (penjelasan itu) dalam beberapa riwayat.


-Atau maksudnya berkurangnya kejahatan yang terjadi di dalam Ramadhan. Dan ini merupakan perkara yang bisa dirasakan. Sebab, kejahatan yang terjadi di bulan ini memang lebih sedikit dibandingkan di bulan lain.

Karena tak mesti dengan dibelenggunya mereka semua berarti tak akan terjadi kejahatan dan kemaksiatan. Sebab, untuk terjadinya itu (kemaksiatan dan kejahatan) ada faktor-faktor lain selain para setan, seperti jiwa yang rusak, kebiasaan jelek, dan para setan dari kalangan manusia. (Fathulbari 4/114)

Ibnu Hajar juga menukil dari ‘Iyaadh bahwa maksud dibelenggu di sini adalah sesuai lahiriyah hadits, artinya seluruh setan dibelenggu. Atau maksudnya dilemahkannya mereka dari menyesatkan dan menghiasi-hiasi syahwat. Dari penjelasan di atas bisa disimpulkan bahwa para ulama berbeda pendapat tentang maksud dibelenggunya setan di bulan Ramadhan menjadi dua pendapat:

1. Mereka yang berpendapat sesuai lahiriyah hadits, artinya seluruh setan dibelenggu


2. Mereka yang berpendapat bahwa yang dibelenggu di sini adalah almaradah yaitu ‘pembesar-pembesar’ setan, adapun ‘kroco-kroco’nya dan setan dari kalangan manusia tidak dibelenggu.

Wallahu a’lam sepertinya pendapat kedua lebih dekat kepada kebenaran, berdasarkan hadits:

“Telah datang bulan Ramadhan, bulan yang diberkahi. Allah mewajibkan atas kalian puasa di dalamnya. Di bulan itu dibukalah pintu-pintu surga, dan ditutuplah pintu-pintu neraka serta dibelenggulah maradatusysyayathin (’pembesar-pembesar’ setan) dan di dalamnya ada suatu malam yang lebih baik dari seribu bulan. ” (Shahihuljami: 55)

Hadits ini menjadi penjelas hadits sebelumnya yaitu bahwa yang dibelenggu di sini adalah ‘pembesar-pembesar’ setan bukan seluruh setan dan jin. Wallahu a’lam. Karena, fakta juga mendukung pendapat ini.

Sebagai contoh saya pernah merasakan dua kali ditindih jin, dan itu terjadi di malam bulan Ramadhan, bahkan ketika itikaf! Begitu juga teman saya memiliki pengalaman menarik tentang ini. Suatu malam di bulan Ramadhan ia bertugas jaga malam bersama temannya. Ketika ia sedang keliling dan itu masih dekat pos jaga, pandangannya tertuju ke sebuah rumah kosong yang sudah lama tidak ditempati.

Tiba-tiba ia dikagetkan dengan sosok makhluk besar berwarna hitam sedang mengelilingi rumah kosong itu. Karena kebetulan di depan rumah itu ada lampu jalan, maka tampak jelaslah wujud makhluk itu dari kejauhan. Ia terlihat begitu besar dan tinggi. Tingginya kurang lebih sama dengan tinggi tiang listrik. Fenomena yang cukup untuk membuat takut kucing atau anak kecil atau orang dewasa sekalipun.

Setelah terkejut dan terheran-heran melihat itu, lantas ia pun memanggil teman jaganya untuk menyaksikan fenomena yang langka seperti itu. Temannya pun melihat itu dan tercenganglah ia. Dan itu sekali lagi terjadi di bulan Ramadhan. Begitu pula, berita tentang orang-orang yang kesurupan setan di bulan Ramadhan, pernah kita dengar bukan? Itu semua menunjukkan bahwa tidak seluruh setan ‘cuti’ di bulan Ramadhan.


Artikel Terkait :



Anda sedang membaca artikel tentang Tidak Semua Setan Cuti dan anda bisa menemukan artikel Tidak Semua Setan Cuti ini dengan url http://deniacil.blogspot.com/2011/08/tidak-semua-setan-cuti.html, anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Tidak Semua Setan Cuti ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link Tidak Semua Setan Cuti sumbernya.
lintasberita
Category Article , , , , , ,

7 Responses to “Deniacil”

Give Your Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...