-->

Cara Mengambil File Dari Laptop Yang Rusak

Azon Profit Master
Download free software, software free, Segala macam tips n trik, dan beraneka ragam trik komputer, ada juga trik hp yang jarang jarang di tulis oleh para blogger, anda juga bisa belajar servise komputer dan servise hp dengan membaca artikel-artikel yang ada di blog ini. Artikel tentang SEO di blog pribadi ini hanya sebagai opini saya selaku pemilik, semoga artikel yang anda baca bisa membantu, Sofware gratis dan juga segala macam Tips N Triks, Link url Cara Mengambil File Dari Laptop Yang Rusak, Pesan Deniacil: jangan lupa untuk like FB di bawah lho...come on Like..like dibawah yiaa div id='fb-root'/>

Bagaimana cara mengambil file dari laptop rusak? Dalam panduan ini saya menjelaskan bagaimana mengambil file dari laptop rusak. Saya andaikan hard drive laptop masih dalam keadaan baik. Sebagai contoh, Anda dapat menggunakan panduan ini jika yang rusak pada laptop anda adalah layar, kerusakan motherboard, colokan listrik rusak dll. Yang jelas intinya hard drive masih baik. Tapi panduan ini tidak cocok jika hard drive itu sendiri rusak.

Dalam contoh ini kita akan mengambil data menggunakan casing USB eksternal yang dipasang pada hard drive laptop, dan sistem operasi yang saya gunakan adalah Windows 7.


LANGKAH #1.
Pertama-tama, buka hard drive dari laptop rusak. Jika anda masih bingung caranya, silahkan investasi membeli ebook Step By Step Teknisi Laptop . Jika hard drive memiliki mount bracket atau caddy (semacam cover), Anda harus memisahkannya dari hard drive.
hard drive laptop
Kebanyakan laptop menggunakan hard drive 2.5″. Baik hard drive IDE atau SATA, Anda akan melihat perbedaan dalam gambar berikut. Untuk hard drive LAPTOP 2,5″ IDE memiliki dua baris pin. Lihat contoh pada gambar di bawah ini;
IDE hard drive
Sedangkan untuk SATA hard drive hanya mempunya dua flat connectors. Satu konektor untuk data dan satu untuk power. Patut dicatat bahwa untuk hard drive SATA pada laptop sama dengan konektor hard drive SATA pada PC Desktop. Ini berarti Anda dapat menghubungkan hard drive laptop secara langsung ke PC desktop dengan menggunakan kabel yang sama.

LANGKAH #2.
Silahkan beli external USB enclosure 2.5″ laptop hard drive. Harganya sekitar Rp.200.000,-. Ini semacam casing konektor untuk konverter sambungan dari IDE ke sambungan USB. Jika Anda memiliki hard drive IDE, Anda harus membeli konverter tersebut. Jika Anda memiliki hard drive SATA, Anda akan harus membeli khusus untuk hard drive SATA. Atau pilihan lain untuk hard drive SATA silahkan sambung langsung ke PC desktop menggunakan kabel SATA PC anda.
IDE hard drive external 2.5″ IDE HDD enclosure.
IDE hard drive external 2.5″ IDE HDD enclosure.
Dari penjelasan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa akan lebih mujur sedikit jika hard drive laptop anda adalah SATA.

LANGKAH #3.
Pasang hard drive IDE atau SATA ke dalam casing konektor yang baru saja anda beli.

LANGKAH #4.
Sambungkan casing external USB hard drive dengan menggunakan kabel USB ke komputer atau laptop lain yang masih bekerja baik. Jika tidak ada masalah dengan hard drive, maka hard drive seharusnya terdeteksi oleh komputer secara otomatis dan akan akan muncul di My Computer. Anda dapat mengakses hard drive eksternal dan mentransfer semua file yang dibutuhkan. Windows XP, Vista dan Windows 7 menyimpan user file di lokasi yang berbeda. Silahkan jelajahi hard drive untuk mencari semua data anda.
usb Hard drive
Sampai disini saya anggap masalah selesai untuk sementara.


Artikel Terkait :



Anda sedang membaca artikel tentang Cara Mengambil File Dari Laptop Yang Rusak dan anda bisa menemukan artikel Cara Mengambil File Dari Laptop Yang Rusak ini dengan url http://deniacil.blogspot.com/2011/10/cara-mengambil-file-dari-laptop-yang.html, anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Cara Mengambil File Dari Laptop Yang Rusak ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link Cara Mengambil File Dari Laptop Yang Rusak sumbernya.
lintasberita
Category Article , ,

Give Your Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...